Strategi pemasaran susu di Koperasi Agro Niaga Jabung Malang

Praktek kerja lapang (PKL) ini dilaksanakan pada Bulan Februari 2011 yaitu pada Koperasi Agro Niaga Jabung (KAN Jabung) Malang yang berlokasi di Desa Kemantren, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, dengan pertimbangan bahwa Koperasi Agro Niaga Jabung merupakan suatu usaha yang mempunyai hubungan dengan bidang keilmuan Agribisnis, yang didirikan berdasarkan atas asas  prinsip dasar  koperasi.  KAN Jabung merupakan Koperasi yang memiliki unit usaha unggulan (Core Bussines Product) yaitu usaha sapi perah, yang menghasilkan produk susu segar  dan juga melakukan pengolahan susu pasteurisasi.

Tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui: 1). Startegi bauran pemasaran susu di unit CBP KAN Jabung. 2). Segmentasi dan pasar sasaran susu 3). Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan di unit sapi perah KAN Jabung. Metode pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka dan penelitian lapang (wawancara, observasi dan dokumentasi).

Dari hasil pembahasan menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh KAN Jabung  yaitu meliputi strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi dan promosi. Strategi produk yang dilakukan oleh unit CBP KAN Jabung mencakup tentang keputusan acuan/bauran produk yaitu merek dagang, kemasan produk, tingkat mutu/kualitas produk, pelayanan yang diberikan, diversifikasi produk dan daur hidup produk. Strategi penetapan harga yang dilakukan oleh Unit CBP KAN Jabung  yaitu strategi penetapan harga berdasarkan harga pokok produksi, strategi harga psikologi dan penentapan harga diskon.  Saluran distribusi pemasaran yang dilakukan oleh Unit CBP KAN Jabung adalah saluran langsung/saluran distribusi tingkat nol. Strategi promosi yang dilakukan unit CBP KAN Jabung yaitu: Penjualan personal (Personal selling), media cetak, proyek kerja sama (kontrak) dan hubungan masyarakat (public relation). Dari segi segmantasinya, yang menjadi segmen pasar unit CBP KAN Jabung, apabila dilihat dari letak geografisnya masih berada di Wilayah  Jawa Timur (Kabupaten Malang),  dan target konsumennya PT. PINDAD, karyawan dan masyarakat  sekitar KAN Jabung. Sedangkan,  fungs-fungsi pemasaran di unit CBP  KAN Jabung meliputi ; Fungsi pertukaran (pembelian & penjualan), fungsi pengadaan secara fisik (penampungan, pemilihan, penyimpanan dan pengangkutan), fungsi fasilitas /penyediaan sarana (fungsi pembayaran, penanggungan resiko, Standarisasi dan grading.

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: